Selasa, 11 November 2014

Contoh Laporan Hasil Kunjungan industri



Laporan Hasil Kunjungan Industri
SMKN ........
Teknik.........................
 










Disusun Oleh :
Denny Arya Aditama
Tahun Ajaran 2013/2014


Kata Pengantar

Allahamdulillah, segala puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan berkat, rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kita semua sehingga kita senantiasa mendapatkan nikmat sempat dan nikmat sehat. Dan tak lupa shalawat serta salam senantiasa tercurah bagi nabi besar junjungan kita semua yang agung Nabi Muhammad SAW. Yang semoga senantiasa mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT. Amin.
Pada kesempatan ini, setelah melaukan kunjungan, kami membuat laporan untuk memenuhi nilai tugas dari sekolah. Kami membuat laporan ini dengan tujuan agar dapat dibaca dan dipelajari oleh adik–adik kelas dan teman–teman yang ingin membacanya. Laporan ini kami buat sesederhana mungkin agar dapat dipelajari oleh para pembacanya dengan lebih mudah. Kami juga berharap laporan ini akan menambah wawasan bagi pembacanya. Semoga saja dapat menjadi inspirasi dan mampu memberikan banyak manfaat yang lain.
Dengan latar belakang itulah kami menyusun laporan ini, dengan harapan agar memperoleh nilai tugas yang bagus. Tentu saja bukan hanya nilai yang kami harapkan. Kami juga berharap agar laporan ini dapat bermanfaat bagi pembacanya.
Demikianlah apa yang dapat kami sampaikan sebagai pengantar dalam laporan ini. Atas kekurangan yang ada di dalamnya, kami atas nama penyusun laporan memohon maaf yang sebesar-besarnya. Akhir kata kami ucapkan : “SELAMAT MEMBACA DAN MEMPELAJARI”.


Sidoarjo, April 2014

Penyusun






                                                             








Bab 1
Pendahuluan

Kunjungan industri dipilih untuk menambah pengalaman siswa tentang dunia kerja. Siswa dituntut untuk aktif menggali informasi tentang kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang proses pembuatan kapal. Kunjungan industri dilakukan untuk memberikan gambar kepada siswa tentang industri dan proses produksi di bidang perkapalanl. Siswa harus membandingkan proses produksi di dunia kerja dengan ilmu yang diperoleh di sekolah. Siswa diwajibkan membuat laporan atas informasi yang di peroleh selama kunjungan industri tentang perusahaan yang bersangkutan.

Ada beberapa tujuan diadakannya kunjungan industri bagi siswa/siswi sebagai berikut:
1.      Memperluas pengatahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja.
2.      Mendorong siswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan.
3.      Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.
4.      Mendorong siswa agar mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggung jawab.
5.      Membantu siswa melaksanakan program kerja.

Kunjungan ke pabrik ini diharapkan dapat memiliki manfaat bagi para siswa diantaranya siswa dapat mengetahui dan lebih mengerti sistem manajemen pabrik, proses dan mesin pembuatan kapal skala industri, tata letak atau lay out perancangan tempat dan alat dalam pabrik, dan juga mengetahui informasi - informasi dunia kerja.


Lokasi kunjungan industri adalah
PT Dok dan Perkapalan Surabaya

Alamat:
Jl. Tanjung Perak Barat 433-435
Surabaya, Jawa Timur - 60165
Indonesia


Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Cokroaminoto 12 A, Surabaya, Jawa Timur


Bab II

Pembahasan

Tanggal 22 September 1910 ketika pemerintah kolonial Belanda mendirikan NV Drogdok Maatschappij Soerabaia. Hal itu awalnya ditujukan untuk layanan kapal Belanda di Indonesia. Antara tahun 1942 hingga tahun 1945, perusahaan ini dikelola oleh Pemerintah Jepang atas nama Harima Zosen. Pada tanggal 1 Januari 1961, NV Maatschappij Droogdok Soerabaia menjadi sebuah perusahaan milik negara bernama PN Dok dan Perkapalan Surabaya. Berdasarkan Keputusan Menteri Komunikasi Laut pada tahun 1963, sejak 8 Januari 1976 perusahaan telah diasumsikan status hukum baru sebagai PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero), disingkat DPS.
       Tipe Perusahaan : Perseroan Terbatas
       Bisnis Perusahaan : Jasa reparasi kapal dan bangunan baru kapal
       Deskripsi Bisnis :
       * Reparasi kapal (ship repair)
       * Pembuatan kapal baru (ship building)
       * Konversi kapal (ship conversion)
       * Bangunan lepas pantai dan fabrikasi struktur baja (Offshore Construction & Steel
           Structure Fabrication)
       * Desain dan rekayasa teknis (Design & Engineering)


 Jurusan Teknik Perkapalan didirikan tahun 1960 oleh SK. Menteri PDK No. 101250/UU tanggal 3 Desember pada saat ITS dinegerikan. urusan teknik perkapalan bertujuan untuk menghasilkan sarjana teknik perkapalan yang memiliki dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan profesional dalam bidang teknik perkapalan dengan memperhatikan juga segi ekonomi dan manajemen serta mampu beradaptasi dan mengembangkan diri dalam perkembangan ilmu dan teknologi baru terutama dalam bidangnya.Bidang Keahlihan :
Perencanaan dan Transportasi Laut
Meliputi masalah perencanaan berbagai jenis kapal dan optimisasi pemakaiannya.
Hidrodinamika Meliputi masalah dan analisa bentuk badan kapal dan baling-baling yang efisien dari segi hidrodinamika
Konstruksi dan kekuatan
Meliputi masalah perencanaan dan analisa konstruksi, kekuatan dan getaran badan kapal
Teknik Produksi Kapal
Meliputi masalah perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan pembangunan dan reparasi badan kapal dan perencanaan galangan kapal.
Laboratorium Hidrodinamika Kapal
Melaksanakan penelitian dan pengembangan yang terdiri atas bidang perkapalan maupun kelautan. Kegiatan yang dilakukan mencakup perhitungan tahanan kapal, effective horse power untuk kapal konvensional maupun kapal-kapal non-konvensional, penelitian gerak kapal & bangunan lepas pantai, serta pengukuran gaya akibat gelombang. Laboratorium ini mempunyai sebuah towing tank yang berukuran 50mx3mx1.8m dan dilengkapi dengan wave maker dan electronic data recorder.



Bab III

Penutup

Dengan melakukan kunjungan Industri ke PT. DOK dan Perkapalan Surabaya saya mendapat pengalaman baru tentang industri, lebih mengerti dunia kerja industri, dapat membandingkan ilmu yang diperoleh di sekolah dengan dunia kerja industri. Observasi yang dilakukan secara nyata dan langsung pengembangan atas tugas yang diemban oleh siswa yang pada akhirnya sebagai bekal untuk tekun terjun di masyarakat ataupun di dunia kerja.

Untuk menjadi bahan referensi dalam kunjungan industri berikutnya, kami mempunyai beberapa masukan yang mungkin bisa bermanfaat.
Kesan :
a.       Sambutan dari pihak perusahaan sangat ramah dan baik.
b.      Kunjungan industri ini sangat bermanfaat, karena kita bisa melihat langsung
       karyawan-karyawan yang sedang bekerja di perusahaan tersebut.
c.       Banyak pengalaman yang kami peroleh di perusahaan tersebut.
d.      Kami mendapatkan banyak keterangan mengenai perusahaan yang kami perlukan.

Saran :
a.        Sebaiknya pimpinan lebih jelas dalam menerangkan atau menjelaskan tentang
bagian-bagian atau tugas-tugas karyawanya.
b.        Kegiatan lebih baik disesuaikan dengan jadwal produksi agar siswa dapat
mengetahui proses pembuatannta.
c.        Diharapkan agenda program Kunjungan Industri ini tetap berjalan setiap
tahunnya.
d.       Kunjungan Industri hendaknya dilaksanakan dengan biasa yang terjangkau oleh
siswa.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar